Minggu, 16 Juli 2017

Cara Mengatasi Printer Paperjam/ Kertas Macet


Paper jam/kertas macet adalah kerusakan umum yang terjadi pada printer terutama laserjet, berikut langkah-langkah perbaikannya agar printer tidak tambah kerusakannya, karena penanganan yang salah dapat menambah kerusakan sparepart printer.

Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah Pertama: Keluarkan Semua Kertas yang Longgar Dahulu

Ambil semua kertas yang longgar dari input tray, paper pickup, dan tray keluaran.
PERHATIAN: Jangan mencoba untuk mengeluarkan kertas macet pada tahap ini.

* Langkah Kedua: Keluarkan Kertas Macet

Ikuti langkah-langkah untuk mengeluarkan kertas macet dari produk.
- Tekan tombol Power untuk mematikan produk
- Kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang produk
- Buka pintu kartrid
- Kemudian keluarkan kartrid

CATATAN: Membuka pintu kartrid cetak dan melepaskan print cartridge mengurangi ketegangan pada rol produk, yang mencegah kerusakan produk dan membuat penghapusan halaman yang macet lebih mudah.

  1: Buka Pintu Kartrid Cetak dan Keluarkan Kartrid Cetak


PERHATIAN: Untuk mencegah kerusakan pada kartrid, tutup dengan selembar kertas untuk meminimalkan paparan cahaya langsung.

Dengan kedua tangan, pegang kertas mana yang paling terlihat, termasuk bagian tengah, dan kemudian dengan hati-hati menarik kertas langsung dari produk.

2: Keluarkan Kertas yang Macet

- Lihat ke dalam produk untuk setiap bagian sobekan kertas atau label, dan kemudian membersihkannya.

- Jika ada kertas yang macet tetap dalam baki masukan atau baki output, pegang dengan kedua tangan dan dengan lembut menariknya.

- Pasang kembali kartrid , lalu tutup pintu kartrid.

  3: Instal Ulang Kartrid dan Tutup Pintu Kartrid

Sambungkan kembali kabel listrik ke bagian belakang produk, kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkan produk.

* Langkah Tiga: Reset Printer

- Tekan tombol Power untuk mematikan produk
- Tunggu 30 detik
- Kemudian tekan tombol Power untuk menghidupkan produk

* Langkah Empat: Reload Kertas

- Geser panjang dan lebar kertas ke posisi terluar.
- Ratakan setumpukan biasa, kertas putih pada permukaan yang rata untuk menyejajarkan sisi-sisinya.
- Masukkan kertas ke dalam baki masukan dengan tepi sempit pertama dan sisi cetak menghadap ke atas.
- Geser panjang dan lebar kertas ke dalam sampai berhenti di ujung kertas.

4: Slide di Pembatas Kertas

* Langkah Lima: Periksa Pengaturan Cetak

Ikuti langkah-langkah untuk memeriksa dan menyesuaikan pengaturan cetak untuk program perangkat lunak saat ini.

CATATAN: Langkah-langkah dapat bervariasi tergantung pada program perangkat lunak.

- Dari Berkas menu dalam program perangkat lunak, klik Print.
- Dalam Cetak kotak dialog, klik Properti.
- Periksa pengaturan pada Paper / Quality tab, mengubah mereka jika perlu, dan kemudian klik OK.
- Cobalah mencetak lagi.

Jika langkah-langkah ini menyelesaikan masalah, tidak perlu melanjutkan lagi, berarti masalah sudah selesai.
Jika masalah berlanjut, lihat langkah berikutnya.

* Langkah Enam: Bersihkan Area Kartrid

Selama proses pencetakan, kertas, toner, dan partikel debu dapat menumpuk di dalam produk dan dapat menyebabkan kemacetan kertas. Ikuti langkah-langkah untuk membersihkan area kartrid cetak.

- Matikan produk, kemudian cabut kabel listrik dari bagian belakang produk. Tunggu hingga produk dingin.

- Buka pintu akses atas, dan kemudian keluarkan kartrid.
PERHATIAN: Untuk mencegah kerusakan pada kartrid, menutupi kartrid dengan selembar kertas untuk meminimalkan paparan cahaya langsung.

- Dengan lap kering yang tidak berbulu, bersihkan debu/kotoran dari area jalur kertas dan rongga kartrid.
PERHATIAN: Jangan sentuh rol transfer spon warna hitam di dalam produk.Dengan demikian, Anda dapat merusak produk.



- Masukan kembali kartrid, dan kemudian tutup pintu akses atas.
- Sambungkan kembali kabel listrik ke bagian belakang produk.
- Tekan tombol daya untuk menghidupkan produk.
- Cobalah mencetak lagi.

Jika langkah-langkah ini menyelesaikan masalah, Anda tidak perlu untuk melanjutkan mengatasi masalah.
Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

* Langkah Tujuh: Service Printer

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah sebelumnya dan masih mengalami masalah, maka:
- Jika produk Anda masih garansi, hubungi HP.
- Jika produk Anda tidak garansi, secepatnya bawa ke tempat kami untuk diservice/diperbaiki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar